Creative Learning Design | Parenting | Writing | Education

 

3 Cara Mudah untuk Mengingat

November 30, 2014 . by . in Creative Learning . 0 Comments

Pikiran kita selalu melihat segala sesuatu secara utuh. Apa yang kita lihat diikat dalam makna. Memunculkan makna adalah cara kita untuk lebih mudah dalam mengingat. Berikut ini adalah 3 cara mudah untuk mengingat.

 

Sebelum membahas tentang 3 cara mudah untuk mengingat, coba perhatkan, bagaimana jika kita mendapatkan data atau informasi seperti berikut,

mengingat 1 3 Cara Mudah untuk Mengingat

Informasi sederhana, bagaimana mengingatnya?

Informasi tersebut merupakan infomasi sederhana, baik dilihat dari jumlah maupun jenis objeknya. Bagaimana jika kita tambahkan jumlah objeknya, seperti berikut ini?

Slide201 3 Cara Mudah untuk Mengingat

Jumlah informasi yang lebih banyak, bagaimana mengingatnya?

Apa perbedaan informasi sebelumnya dengan informasi di atas? Keduanya sama-sama peralatan dapur. Apa perbedaannya? Jumlah dan jenisnya. Penambahan jumlah berhubungan dengan kompleksitas informasi. Berarti, apakah lantas informasi yang kedua lebih sulit diingat daripada informasi yang pertama? Tunggu dulu, mari kita lihat informasi yang ketiga berikut ini,

Slide21 3 Cara Mudah untuk Mengingat

Jumlah informasi yang lebih banyak, menambah kompleksitas data yagn perlu diingat

Dengan jumlah informasi yang sangat banyak tersebut, tentunya akan semakin sulit buat kita untuk mengingatnya. Padahal kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, kita dihujani oleh banyak informasi seperti itu. Bagaimana cara kita membuat informasi tersebut menjadi bermakna, sehingga lebih mudah untuk diingat?

Tulisan ini sebenarnya adalah lanjutan dari “Transformasi Cara Berpikir untuk Menuju Kreativitas“. Bagian dari pembahasan dalam pelatihan tersebut adalah cara berpikir dengan kespansi. Untuk memudahkan mengikat informasi, maka informasi perlu diperluas dengan mengaitkan antar informasi, sehingga informasi tersebut menjadi lebih bermakna. Menjadikan informasi menjadi lebih bermakna adalah salah satu cara untuk memudahkan kita dalam mengingatnya. Jadi tulisan ini tidak memberikan trik yang spektakuler, tetapi hanya memanfaatkan bagaimana cara kerja alamiah pikiran kita.Β Bagaimana caranya? Berikut ini akan aku berikan 3 cara mudah untuk mengingat.

1. Membuat Cerita

Perhatikan gambar berikut,

Slide24 3 Cara Mudah untuk Mengingat

Berbagai informasi yang datang kepada kita sebenarnya adalah sebuah cerita

Cerita mengaitkan dan menyatukan komonen-komponen yang tercerai berai menjadi satu rangkaian kisah, terjalin dalam alur yang memberi makna. Coba Kamu ceritakan dapur di gambar itu. Cerita yang merangkai keseluruhan isi dapur akan membudahkan kita mengingat komponen dapur. Seperti peserta dalam training yang aku fasilitasi, kita bisa memunculkan kata-kata tambahan yang menjadi perekat benda-benda yang kita lihat, misalnya memasak, mencuci, memanggang, tumpah, supaya bersih dan sebagainya. Padahal kata-kata itu tidak ada kan di gambar yang Kamu lihat?

2. Membuat pola

Pernah aku tulis, bahwa ciri dari orang genius ada dua, yaitu total dalam aktivitas yang ia lakukan atau senangi (focus on particular subject) dan dapat melihat pola dalam ketidakteraturan. Nah, kali ini kita akan membuat pola untuk memudahkan mengingat. Perhatikan gambar berikut,

Slide25 3 Cara Mudah untuk Mengingat

Membuat pola dapat memudahkan dalam mengingat

Berkenaan dengna membuat pola, silahkan baca juga “Prinsip Klasifikasi untuk Menyederhanakan Kerumitan” dan “Klasifikasi Membuat yang Rumit Menjadi Sederhana”.

3. Membuat judul

Cara yang ketiga ini seperti pola berpikir induktif dalam membuat simpulan dari informasi atau data-data. Artinya, dalam mengingat, kita mungkin dibanjiri oleh informasi. Tapi berbagai informasi tersebut dapat kita rangkum dengan sebuah judul. Perhatikan gambar berikut ini,

Slide26 3 Cara Mudah untuk Mengingat

Membuat judul untuk memudahkan dalam mengingat

Apa judul yang sesuai untuk penyatuan garpu, sendok dan piring di atas? Kalau dalam training yang aku pandu, para peserta memberi judul peralatan makan. Kalau Kamu?

 

Demikian share pengetahuan tentang 3 cara mudah untuk mengingat. Adakah cara yang bisa kita terapkan lagi? Silahkan dibagi di sini.

3 Cara Mudah untuk Mengingat
1 vote, 5.00 avg. rating (96% score)
Tags: , , , , ,

Artikel tentang Creative Learning Lainnya:

by

Creative Learning Designer | Parenting Consultant | Writing Coach


 

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>