Creative Learning Design | Parenting | Writing | Education

 

Melalui Cobaan, Kita Lebih Mudah Mengenali Diri Sendiri

March 9, 2014 . by . in Inspirasi (Insert) . 4 Comments

Pada saat-saat tertentu, orang akan menampakkan dirinya yang asli. Pada moment tersebutlah kita mudah mengenali diri sendiri, misalnya saat tekanan tinggi atau cobaan menghampiri. Karena itu, kita lebih mudah mengenali diri sendiri saat mendapatkan cobaan.

“In their last moments, people show you who they really are”

Ingat kata-kata dari Joker tersebut? Atau Kamu belum mengenal Joker? Yang pernah melihat film Batman, The Dark Knight, pasti tahu tokoh tersebut. Seorang tokoh antagonis yang memberikan banyak pelajaran hidup melalui kata-katanya. Kalau tidak percaya, tonton (lagi) saja The Dark Knight.

Kalau diterjemahkan secara bebas, arti dari kata-kata Joker tersebut adalah “Di saat kepepet, manusia menunjukkan kekuatan yang sesungguhnya (biasanya melebihi apa yang selama ini dia yakini)”. Sebenarnya dari kata-kata Joker tersebut, kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan yang ada di judul, kapan manusia menunjukkan diri yang sesungguhnya? Berdasar pada kata-kata joker, jawabannya ya saat kepepet.

Moment-moment seperti yang dikatakan oleh Joker adalah saat yang tepat untuk mengenali diri sendiri. Mungkin Tuhan memberikan kita cobaan yang dahsyat adalah media agar kita punya kesempatan untuk mengenali diri sendiri. Alih-alih mengeluh, kita bisa memandang cobaan dari sisi yang ini, yaitu karunia Tuhan yang diberikan kepada kita agar lebih mengenali diri sendiri.

Seperti pada beberapa tulisan tentang pendidikan yang pernah aku post di rudicahyo.com, tujuan utama pendidikan adalah mengenali diri sendiri. Artinya misi pendidikan negara kita, yaitu membentuk manusia Indonesia yang seutuhnya, akan terwujud dengan modal dasar mengenali diri sendiri. Untuk membentuk jati diri, maka orang perlu mengenali dirinya sendiri dengan baik. Dan sayangnya, mengenali diri sendiri itu tidak mudah.

Karena itu, Tuhan memberikan cobaan kepada kita untuk dihadapi, agar kita lebih mengenali diri sendiri. Jadi, bersyukurlah jika mendapat cobaan. Moment seperti ini juga mengasah kita untuk lebih peka terhadap isyarat alam, isyarat Tuhan, atau isyarat alam yang dikirim oleh Tuhan. Karena sebenarnya Tuhan telah menciptakan milyaran kebetulan-kebetulan (coincidence) dan mengaturnya dengan sedemikian cantik.

mengenali diri sendiri Melalui Cobaan, Kita Lebih Mudah Mengenali Diri Sendiri

Melalui cobaan, kita lebih mudah mengenali diri sendiri. Bersyukurlah! (foto: vemale.com)

Sebenarnya tidak hanya saat kepepet atau mendapatkan cobaan. Ada beberapa moment atau waktu, dimana kita lebih mudah mengenali diri sendiri. Kita akan bahas di tulisan yang berbeda.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada komentar, silahkan dituliskan!

Melalui Cobaan, Kita Lebih Mudah Mengenali Diri Sendiri
2 votes, 3.00 avg. rating (70% score)
Tags: , ,

Artikel tentang Inspirasi (Insert) Lainnya:

by

Creative Learning Designer | Parenting Consultant | Writing Coach


 

4 Comments

  1. Posted March 16, 2014 at 13:14 | Permalink

    Selalu suka atas pengamatan, cara berpikir dan semua tulisan kakak
    izin berbagi yah ^ ^

    • rudicahyo
      Posted March 20, 2014 at 21:06 | Permalink

      Silahkan 🙂

  2. Arim
    Posted July 9, 2014 at 17:25 | Permalink

    Kak tulisan selanjutnya ada?

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>