Creative Learning Design | Parenting | Writing | Education

 

Manfaat Berlibur untuk Kesehatan Psikologis

March 28, 2016 . by . in Psikologi . 2 Comments

Berlibur adalah kebutuhan yang sama berharganya dengan bekerja. Melepaskan diri sejenak dari kepenatan aktivitas harian mendatangkan manfaat bagi kesehatan psikologis kita. Begitu kah?

“Kamu kurang piknik sih…” Pernah dengar ucapan seperti itu? Atau mungkin pernah ada teman yang mengatakan kepada Kamu, saat Kamu sudah merasa lelah, sulit fokus, tidak produktif dan sebagainya? Ya, ucapan pada moment-moment yang disebutkan temanmu itu memang berhubungan dengan manfaat liburan. Ketika kita sedang berhenti dalam sebuah kelelahan dan kejenuhan, maka berliburlah.

Tulisan ini bertepatan dengan libur panjang pada paskah beberapa hari yang lalu. Kalau sudah dapat jatah tanggal merah di Hari Jumat, maka kesempatan seperti itu sepertinya tidak mau disia-siakan. Karena sebagian orang ada juga yang masih memanfaatkan Sabtu dan Minggu nya untuk bekerja. Kadang aku juga termasuk yang melakukannya.

Untuk paskah kemarin, aku berkesempatan memanfaatkan Jumat untuk pergi ke Pantai Ria atau Ken Park di Kenjeran Surabaya. Aku luangkan waktu untuk sejenak melepas penat bersama Bintang, ibunya Bintang, dan neneknya yang kebetulan sedang datang menjenguk saat Bintang harus opname di rumah sakit. Libur kali ini juga menjadi ajang untuk refresh Bintang lagi, setelah sekian hari dikurung di kamar rumah sakit.

Memang, kala libur kadang tidak sepenuhnya kita lepas dari kesibukan. Pekerjaan barangkali saja masih tetap setia bercokol di pikiran, gadget juga membuat kita tetap terhubung dengan tugas-tugas dan tempat kerja, apalagi dengan adanya media sosial di tangan. Pada saat seperti ini, sebenarnya kita tidak sepenuhnya berlibur. Akibatnya, penyerapan atas manfaat berlibur bagi kesehatan psikologis tidak sepenuhnya kita rasakan. Apa sih manfaat berlibur untuk kesehatan psikologis kita?

Setidaknya ada lima manfaat yang dapat kita petik dari berlibur (sepenuh hati).

1. Relaksasi

Berlibur akan mengendurkan otot-otot dan syaraf-syaraf yang tegang. Ketika kita rileks, maka peredaran darah juga menjadi lebih lancar. Pada saat itu, pikiran kita juga bisa menjadi lebih santai. Beban emosional yang sedang kita pikul juga sejenak dilepaskan.

2. Penyegaran kembali (refresh)

Ketika otot-otot dan syaraf menjadi rileks, maka beban pikiran dan ketegangan emosi juga semakin terkurangi. Kita akan kembali menjadi lebih segar.

3. Daya serap

Ketika kita menjadi lebih santai, maka pikiran kita juga menjadi lebih terbuka untuk menerima informasi. Daya serap kita juga menjadi berlipatganda setelah bersantai. Karena itulah, jika kita ingin aktivitas belajar lebih efektif, kita selalu menyelinginya dengan jeda atau istirahat sejenak. Liburan juga punya fungsi yang sama untuk kesibukan kita sehari-hari.

4. Kreativitas

Liburan juga berfungsi untuk mengondisikan diri kita berada pada zona inkubasi. Pada saat itu, kita melepaskan dari ketegangan pikiran yang mungkin saja sedang sibuk mencari pemecahan atas persoalan. Ketika kita berada pada zona inkubasi, kita memberikan peluang bagi pikiran untuk terinspirasi, mendapatkan insight-insight atas berbagai persoalan yang kita hadapi.

5. Produktivitas

Ketika kita kembali menjadi lebih kreatif, maka saat itu juga kita siap untuk melakukan produksi. Gagasan-gagasan kita bisa kita realisasikan. Maka produktivitas kita menjadi bertambah.

IMG20160325140237 Manfaat Berlibur untuk Kesehatan Psikologis

Maksimalkan liburanmu untuk kesehatan psikologis mu!

Itulah 5 manfaat liburan untuk kesehatan psikologis kita. Namun yang perlu diingat, agar manfaatnya benar-benar optimal, maka lakukan liburan dengan sepenuh hati.

Kalau Kamu, liburan kemana atau dengan cara apa? Apa manfaat yang Kamu rasakan dari liburan tersebut?

Manfaat Berlibur untuk Kesehatan Psikologis
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)
Tags: ,

Artikel tentang Psikologi Lainnya:

by

Creative Learning Designer | Parenting Consultant | Writing Coach


 

2 Trackbacks

  1. […] liburmu. Ini mengingat betapa pentingnya arti libur, seperti yang tulisan di rudicahyo.com, “Manfaat Berlibur untuk Kesehatan Psikologis“. Karena itulah, PTPP juga tidak melupakan untuk […]

  2. By Asli, Kita dari Semarang | PTPP on April 25, 2016 at 23:24

    […] Beberapa minggu yang lalu, kami menjanjikan akan berbagi lagi kebahagiaan saat liburan.  Lihat liburan kami yang edisi Banyuwangi. Kali ini, kita plesir ke Semarang. Masih tetap dengan semangat yang sama, bahwa liburan itu sangat berharga, memiliki arti strategis bagi kesehatan psikologis, seperti yang telah ditulis di rudicahyo.com, Manfaat Berlibur untuk Kesehatan Psikologis. […]

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>