Creative Learning Design | Parenting | Writing | Education

 

Sekilas Cerita tentang Oedipus Complex

February 25, 2014 . by . in Psikologi . 1 Comments

Oedipus complex atau kompleks oedipus adalah konsep dalam psikoanalisis Sigmund Freud. Oedipus complex adalah kecemburuan seorang anak kepada ayahnya dalam merebutkan cintak eksklusif dari ibunya. Ada cerita di balik oedipus commplex.

Konsep oedipus complex terjadi pada saat Freud berada pada fase menganalisis dirinya sendiri. Dari analisa diri inilah sebenarnya lahir Psikoanalisis. Karena itulah teori Psikoanalisis Freud terasa begitu sangat subjektif. Namun demikian, refleksi yang mendalam membuat terjadi paradoks subjektivitas dan objektivitas, dimana Freud telah sampai kepadsa perenungan diri yang paling universal.

Tentang oedipus complex ini diakui sendiri oleh Freud ketika ia menceritakan perasaan masa kecilnya kepada sang ibu. Dalam suratnya kepada Fliess, Freud menceritakan pengalaman masa kecilnya ketika melihat ibunya sedang telanjang. Ia merasakan hasrat seksual dan merasakan adanya permusuhan dengan ayah.

Konsep oedipus complex ini ada hubungannya dengan cerita Yunani kuno. Oedipus adalah putra dari Raja Laieus dan Ratu Jocasta dari Thebes. Ada sebuah ramalan yang mengatakan bahwa Oedipus akan membunuh ayahnya dan menikah dengan ibunya. Karena ketakutan, Raja Laieus meninggalkan bayi Oedipus di gunung, dibiarkan agar mati. Namun Oedipus diselamatkan oleh para penggembala dan dijadikan anak oleh raja dan ratu asing.

Secara kebetulan, Oedipus bertemu dengan ayahnya di jalan ke arah Thebes. Dalam kemarahan, Oedipus membunuh Laieus. Oedipus melanjutkan perjalanan menuju Thebes, dan bertemu dengan Sphinx, yaitu mahluk yang memakan siapapun yang tidak bisa memecahkan teka-teki yang ia berikan. Oedipus berhasil memecahkan teka-teki tersebut dan dijadikan raja. Ia menikahi Jocasta tanpa mengetahui kenyataan yang sesungguhnya. Akhirnya, Oedipus menyadari kesalahan yang telah terjadi. Oedipus menghukum dirinya dengan membutakan matanya.

oedipus complex Sekilas Cerita tentang Oedipus Complex

Oedipus Complex bukan sekedar teori, tetapi kisah yang benar-benar terjadi (foto: pictivy.com)

Begitulah cerita tentang Oedipus yang dihubungkan dengan konsep oedipus complex dalam psikoanalisis Sigmund Freud. Kalau ada yang mau menambahi cerita tentang Oedipus Complex ini, silahkan tuliskan di bagian comment ya..

Sekilas Cerita tentang Oedipus Complex
1 vote, 5.00 avg. rating (96% score)
Tags: , , ,

Artikel tentang Psikologi Lainnya:

by

Creative Learning Designer | Parenting Consultant | Writing Coach


 

One Comment

  1. Posted July 7, 2015 at 05:08 | Permalink

    wew ..

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>