Creative Learning Design | Parenting | Writing | Education

 

Manfaat Apresiasi untuk Anak

November 16, 2013 . by . in Parenting . 0 Comments

Apresiasi sudah pasti menyenangkan bagi anak. Selain menyenangkan, apresiasi juga menjaga daya kerasi anak. Apa manfaat apresiasi bagi anak? Mari kita simak!

Bagaimana reaksi kita ketika anak menunjukkan hasil karyanya? Apakah kita merasa senang? Dalam kondisi normal, mungkin kita akan senang. Bagaimana jika anak menunjukkan gambarnya yang hanya terdiri dari garis acak-acakan, sementara teman-temannya sudah piawai menuliskan nama orangtuanya? Mungkin kita sudah ahli dalam mengapresiasi. Artinya, kita bisa memberikan pujian. Dari hati? Nah, esensi dari apresiasi adalah menyatunya pujian dan perasaan tulus, dari hati.

Apa manfaat apresiasi bagi anak? Mari kita simak satu per satu.

1. Membuat anak bahagia

Kebahagiaan adalah pondasi utama dalam pertumbuhan optimal. Apresiasi adalah sumber kebahagiaan bagi anak. Atmosfir yang menyenangkan membuat anak tumbuh dengan emosi positif. Hal ini secara luas akan menyehatkan bagi mental anak.

2. Mendatangkan energi bagi anak

Apresiasi membuat anak bergairah. Kesenangan dari mendapatkan pujian atau hadiah, mendatangkan energi bagi anak. Anak adalah sistem yang terbuka untuk masuknya energi. Penyerapan energi akan lebih optimal jika dalam keadaan senang, terutama jika perilaku atau hasil karyanya diapresiasi.

3. Membuat anak terus melakukan atau menciptakan

Apresiasi sama dengan perayaan, atau boleh disebut juga syukuran. Merayakan keberhasilan sebenarnya bertujuan, agar keberhasilan tersebut dapat terulang. Memberikan apreasiasi atas perilaku atau hasil karya anak, membuat mereka akan mengulanginya. Jika kita tidak memberikan apresiasi, bahkan mencelanya, maka daya cipta anak akan mati.

manfaat apresiasi bagi anak Manfaat Apresiasi untuk Anak

Manfaat apresiasi bagi anak sangat besar. Yuk, apresiasi anak kita! (foto: siaksatu.com)

Demikian pembahasan tentang manfaat apresiasi bagi anak. Apa lagi manfaat apresiasi yang lainnya? Yuk share di sini!

Manfaat Apresiasi untuk Anak
1 vote, 5.00 avg. rating (96% score)
Tags: ,

Artikel tentang Parenting Lainnya:

by

Creative Learning Designer | Parenting Consultant | Writing Coach


 

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>