Creative Learning Design | Parenting | Writing | Education

 

Daily Parenting, Rugi Jika Tak Memiliki Buku Ini

March 8, 2015 . by . in Parenting, Pendidikan, Psikologi, Workshop dan Training . 0 Comments

Buku Daily Parenting adalah perpaduan cantik antara Psikologi, Anak, Pengasuhan, dan Pendidikan. Karena itu, bisa dibilang buku terbiatan Panda Media (imprint Gagas Media) ini mengandung gizi yang lengkap untuk para orangtua maupun calon orangtua untuk mengasuh buah hatinya, termasuk membangun keluarga yang kondusif untuk pengasuhan.

Bagaimana awal kisah Daily Parenting?

“Saya bukan orangtua yang jago dalam pengasuhan. Saya hanya orangtua yang mencintai anak saya, suka mengamatinya, dan telaten membuat catatan”. Ini adalah kalimat yang sering saya ucapkan ketika mengisi seminar atau talkshow tentnag pendidikan atau pengasuhan. Begitu juga ketika saya memperkenalkan diri di beberapa forum orangtua maupun para penulis. Ya, begitulah kenyataannya, awal mula yang membuat saya rajin menuliskannya. Saya masih ingat, tulisan pertama saat itu terinspirasi oleh cerita tentang proses adaptasi Bintang, anak saya, saat harus berpindah dari satu pengasuh kepada pengasuh yang berbeda. Selanjutnya beraneka tulisan yang kisahnya bersumber dari Bintang, disebut sebagai pengasuhan, meskipun saya tak menolak jika ada yang menyebutnya psikologi anak, pendidikan anak, atau parenting anak.

Dari tulisan-tulisan yang sebenarnya lebih banyak berishi sharing tersebut, saya diundang untuk acara seminar, talkshow, atau sharing session. Bahkan beberapa orangtua mulai menghubungi saya untuk konsultasi tentang pengasuhan anaknya. Beberapa diantaranya ada yang datang ke rumah. Maka jadilah saya konsultan pengasuhan yang saya layani di luar jadwal ngampus di Fakultas Psikolgi Unair dan di luar waktu ngantor di Pusat Terapan Psikologi Pendidikan. Untuk memudahkan dan memberi kesempatan bagi orangtua yang tidak bisa bertemu saya secara langsung, saya terbuka untuk menerima email mereka lewat rudicahyo.mail@gmail.com. Dari konsultasi para orangtua ini, tulisan juga dihasilkan.

Berbagai tulisan saya membuat seorang editor dari Panda Media, @gitaromadhona mengontak saya karena colekan teman saya, @banggavann di twitter. Proses demi proses dijalani. Editing, lay out dan setting dijabani. Maka jadilah Buku Daily Parenting yang suda siap dibeli :D. Tidak hanya bukunya yang siap dibaca, Daily Parenting juga sudah lebih dulu hadir dengan page Daily Parenting di facebook. Kita bisa belajar dan berbagi bersama tentang pengasuhan dengan cara memberikan LIKE di page-nya.

 

Belajar apa dari Daily Parenting?

Kalau dari judulnya, Buku Daily Parenting dapat dianggap sebagai panduan pengasuhan sehari-hari. Atau dapat juga diartikan sebagai pengasuhan sehari-hari yang dituliskan atau dibagikan dalam bentuk buku. Jika kita mau mengambil jalan tengah dengan mengakomodir dua-duanya, maka Daily Parenting sebenarnya adalah panduan pengasuhan sehari-hari yang bersumber dari pengalmaan pengasuhan sehari-hari. Ya, buku ini lebih banyak berbagi tentang pengalaman pengasuhan dan pengamatan anak, yang dipadukan secara cantik dengan pengetahuan saya sebagai psikolog pendidikan. Ada 4 bagian utama dalam buku ini, yaitu Berbicara tentang Anak, Daily Communication, Daily Learning, dan Daily Problem.

Pengetahuan dan panduan pengasuhan di Daily Parenting mudah untuk diterapkan. Selain karena bersumber dari pengalaman, Daily Parenting lebih banyak dikemas dalam bentuk bercerita dan memberikan contoh-contoh. Sebab itu, buku ini bisa dibaca sekali (habis), dibaca berkali-kali, atau dibaca sekali-sekali. Ayah/Bunda/Kakak bisa membaca sekali (habis) sebagai pengetahuan, dibaca berkali-kali untuk meningkatkan keterampilan, dan dibaca sekali-sekali ketika dibutuhkan.

Saya selalu menyapa ayah/bunda/kakak ketika membicarakan Buku Daily Parenting maupun di page Daily Parenting. Artinya, Buku Daily Parenting tidak harus didominasi pembaca yang berstatus ayah atau bunda, tetapi bisa juga digunakan oleh kakak untuk adeknya atau paman/bibi untuk keponakannya. Karena semua bisa jadi orang tua, dan semua orangtua adalah pengasuh yang luar biasa.

 

Daily Parenting Cover Daily Parenting, Rugi Jika Tak Memiliki Buku Ini

Ayah/Bunda/Kakak, segera miliki Buku Daily Parenting (foto: PandaMedia)

Bagaimana cara membeli Daily Parenting?

Buku Daily Parenting dapat dibeli di toko-toko buku kesayangan Ayah/Bunda/Kakak semua. Tapi bisa dibeli langsung dari saya. Lihat cara beli Buku Daily Parenting. Bahkan Ayah/Bunda/Kakak bisa jadi agen atau reseller dengan menghubungi saya untuk mendapatkan draft tawaran menariknya.

 

Ada yang perlu ditanyakan, Ayah/Bunda/Kakak semua?

Daily Parenting, Rugi Jika Tak Memiliki Buku Ini
1 vote, 5.00 avg. rating (96% score)
Tags: , , , ,

Artikel tentang Parenting, Pendidikan, Psikologi, Workshop dan Training Lainnya:

by

Creative Learning Designer | Parenting Consultant | Writing Coach


 

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>